SUKSESKAN ASEAN GAMES 2018 JAKARTA - PALEMBANG ENERGY OF ASIA ×

Selasa, 03 Juli 2018

Kick Off Verifikasi Perangkat Spektrum Frekuensi Radio

Laporan Kick Off Verifikasi Fungsi Perangkat
Kota Bogor, Jawa Barat
Pada tanggal 28 Juni 2018 bertempat di Kota Bogor, Jawa Barat telah dilaksanakan acara kick of meeting fungsi perangkat LS Telecom (transportable) yang dilaksanakan oleh Sub Direktorat Pengelolaan Sistem Manajemen Spektrum Frekuensi Radio (Subdit Pengelolaan PSMS) Direktorat Pengendalian, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Acara kick off tersebut dihadiri oleh 24 perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis/UPT (Balai Monitoring maupun Loka Monitoring) di lingkungan Ditjen SDPPI di seluruh wilayah Indonesia. Ke 24 UPT tersebut adalah Aceh, Ambon, Banjarmasing, Batam, Bengkulu, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Makassar, Manokwari, Mataram, Medan, Merauke, Padang, Palangkaraya, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surabaya, dan Ternate. Kegiatan ini dibuka oleh Suryono selaku Kepala Subdit Pengelolaan PSMS yang berharap dan meminta agar keberadaan perangkat transportabel dapat dipelihara dengan baik, dan bila ada kerusakan atau masalah dapat segera dilaporkan kepada Subdit Pengelolaan PSMS baik secara tertulis maupun via website.


Secara praktis, mekanisme pelaporan melalui website dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: user log in melalui aplikasi berdasarkan user account masing-masing UPT; user memasukkan kondisi dan status perangkat secara periodik;  sistem akan mengkategorikan perangkat berdasarkan definisi tabel master perangkat (perangkat utama/perangkat pendukung); dan sistem secara otomatis akan men-generate format pelaporan sesuai dengan format yang dibakukan (Nodin Dirjen SDPPI No. 32/DJSDPPI.4/SP.03.01/01/2017 tanggal 18 Januari 2017. Selanjutnya,  user UPT dapat melakukan pengiriman secara elektronik secara langsung dan atau mencetak laporan untuk kebutuhan internal; sistem setiap bulan akan men-generate laporan secara otomatis yang meliputi SLA masing-masing perangkat, statistik penggunaan perangkat, dan statistik penggunaan alat oleh UPT.


Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang Kick off Verifikasi Fungsi Perangkat LS Telecom. Paparan tersebut berisi informasi mengenai proses dan mekanisme (manajemen) pemeliharaan perangkat, perhitungan service level agreement (SLA) perangkat beserta perhitungan rumusan SLS pemeliharaan perangkat, rekapitulasi dan pelaporan status pememliharaan perangkat sistem monitoring frekuensi radio, pelaporan via website, summary statistik permasalahan perangkat kesisteman transportabel di masa garansi, dan inventarisasi perangkat transportable.



Sehubungan dengan tugas pemeliharaan perangkat LS Telecom (transpotable) tersebut, setiap UPT diminta untuk melaksanaan pemeliharaan rutin (pengecekan fungsi dan fitur perangkat) secara periodik, dan melakukan antisipasi terhadap perubahan sarana pendukung yang bisa menyebabkan tidak berfungsinya perangkat utama (koneksi internet, listrik dll). Selain itu, membuat laporan dan kondisi perangkat secara periodik, melakukan antisipasi terhadap kemungkinan gangguan cuaca yang dapat menyebabkan kerusakan perangkat (petir, hujan, banjir dll), dan menyiapkan penganggaran terkait pemeliharaan perangkat pendukung.


(Sumber/Foto : Abd. Salam)