SUKSESKAN ASEAN GAMES 2018 JAKARTA - PALEMBANG ENERGY OF ASIA ×

Senin, 02 Juli 2018

Kegiatan Silaturrahmi dan Pelepasan Masa Purnabakti Pegawai Balmon Makassar

Kegiatan Silaturrahmi dan Pelepasan Masa Purnabakti 
Pegawai Balmon Makassar



Setelah sebulan penuh menunaikan dan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, saatnya kita dapat berjumpa kembali dalam suasana halal bihalal yang penuh kebahagiaan dan penuh keberkahan. Halal bi halal ini merupakan suatu pola hubungan silaturrahmi antar sesama umat muslim yang diwujudkan dalam suatu kegiatan atau acara keagamaan yang disertai dengan saling memaafkan dan dijiwai dengan ukhuwah Islamiyah dan nilai-nilai Idul Fitri.


Untuk mewujudkan nilai-nilai luhur tersebut di lingkungan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar (Balmon Makassar), Distiawan Dwi Rumboko selaku Kepala Balmon Makassar beserta seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai honorer Balmon Makassar telah menggelar acara halal bi halal, pada hari Senin (2/7/2018). Acara yang merupakan sebuah tradisi kreatif khas masyarakat Muslim Tanah Air tersebut, digelar di salah satu Kafe yang berlokasi di Kota Makassar ini berlangsung meriah dan penuh dengan suasana keakraban.



Setidaknya ada 3 (tiga) pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan halal bi halal (www.hidayatullah.com)Pelajaran pertama adalah pembersihan diri dari segala bentuk kesalahan. Ibarat pemudik yang pulang ke kampung halamannya setelah sekian tahun merantau ke negeri seberang. Dalam perjalanan itu tidak sedikit ia isi dengan kesalahan, seperti lupa salat, lalai menunaikan janji setia kepada Allah, lupa berdzikir, bersikap angkuh atau berlaku aniaya kepada diri sendiri.



Pelajaran kedua adalah membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama. Terkadang karena meraih peluang dan jabatan atau faktor lainnya terbesit rasa dendam dan iri hati. Mari kita singkirkan penyakit-penyakit pengotor hati itu dalam momentum halal bi halalTidak ada lagi kedengkian. Kita ganti dengan kelapangan jiwa. Kita obati kesombongan dengan kerendah-hatian. Kita buang permusuhan dan kita isi dengan persaudaraan.



Pelajaran ketiga adalah memupuk kepedulian dan kebersamaan. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari pergaulan dan kebersamaan yang dibangun lewat sikap tolong-menolong, misalnya muslim yang kaya membantu saudaranya yang miskin. Karena itu, seyogyanya rasa gembira seseorang juga memberikan bentuk kenikmatan yang lain, yaitu kenikmatan bersyukur dengan cara membagi kebahagiaan itu kepada sesamanya dan menebar rasa bahagia ke setiap orang.



Nuansa perayaan halal bi halal kali ini tampak terasa berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena halal bi halal tahun ini dirangkaikan dengan acara pelepasan masa purnabakti salah seorang pegawai senior Balmon Makassar, yaitu Jufri Dg. Ngeppe. Suasana terasa lebih ramai dan khidmat karena dihadiri pula oleh 3 (tiga) mantan kepala balmon yaitu Zainuddin Kalla (Kabalmon Denpasar) dan Joni Adrian (Kabalmon Semarang), serta Zainullah Manan (Kabalmon Padang), Latuse Kaloka Pangkal Pinang, St. Rahmi (Ka. TU Balmon Palu) beserta beberapa orang pensiunan Balmon makassar. 



Pada kesempatan tersebut, Kepala Balmon Makassar Distiawan Dwi Rumboko mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, dan memohon maaf lahir batin kepada seluruh pegawai Balmon Makassar dan para undangan yang hadir. Selanjutnya, beliau juga mengatakan bahwa kegiatan halal bi halal ini sebagai wahana silaturrahmi untuk mempererat tali silaturrahmi dan rasa kekeluargaan serta persaudaraan, baik antar sesama pegawai dan pejabat Balmon Makassar maupun dengan para mantan Kabalmon Makassar dan para pensiunan Balmon Makassar.








(Sumber/Foto : Abd. Salam)