SUKSESKAN ASEAN GAMES 2018 JAKARTA - PALEMBANG ENERGY OF ASIA ×

Kamis, 17 Mei 2018

Inspeksi dan Pemeliharaan Stasiun Monitor Slave TCI

Kegiatan Inspeksi dan Pemeliharaan Stasiun Monitor Slave TCI


Inspeksi ke lokasi Stasiun Monitor Slave TCI

Dalam rangka meningkatkan kualitas sarana monitoring dan mendukung tercapainya tujuan kegiatan monitoring spektrum frekuensi radio, dibutuhkan pelaksanaan pemeliharaan dan perbaikan terhadap sarana penunjang alat dan perangkat monitoring. Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), mempunyai tugas pokok dan fungsi yang salah satunya adalah melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan perangkat monitoring.
 
Pengecekan dan Pengambilan Data (Capture)
                                                              
Pemeliharaan dan perbaikan perangkat monitoring di Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar tersebut bertujuan agar alat dan perangkat monitoring yang ada dapat terkelola dengan baik, karena pengelolaan alat dan perangkat monitoring yang baik akan memberikan beberapa manfaat. Berbagai manfaat dimaksud antara lain adalah optimalisasi biaya pemeliharaan dan perbaikan, kegiatan dapat berjalan lancar, waktu kerja menjadi lebih efektif dan efisien, dan usia alat atau perangkat menjadi lebih panjang(lama).


                                            
Salah satu kegiatan pemeliharaan dan perbaikan perangkat monitoring tersebut adalah pemeliharaan Stasiun Monitor Tetap Very High Frequency / Ultra High Frequency (VHF/UHF) yang menggunakan perangkat TCI Monitoring System dengan konsep Stasiun Monitor Slave di 3 (tiga) titik. Ketiga Stasiun Slave tersebut berlokasi di wilayah Makassar, yaitu Barombong, Biringkanaya dan Borongloe, dimana ketiganya terhubung dalam jaringan yang terintegrasi dan dapat dikendalikan melalui Stasiun Master (Control Center) yang berada di UPT Balmon Kelas I Makassar.


Mengecek dan Menghidupkan Genset

Pemeliharaan dan perbaikan Stasiun Monitor Slave TCI merupakan kegiatan rutin dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung kelancaran tugas monitoring, observasi, pengukuran, penanganan gangguan interferensi frekuensi radio serta tugas–tugas operasional rutin lainnya yang dilakukan oleh Seksi Sarana dan Pelayanan, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar


(Sumber/Foto : Abd. Salam )