SUKSESKAN ASEAN GAMES 2018 JAKARTA - PALEMBANG ENERGY OF ASIA ×

Jumat, 01 Juni 2018

Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 2018


Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 2018 
di Balmon Makassar


Sebagaimana lazimnya setiap tanggal. 1 Juni diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang dirayakan dengan melaksanakan kegiatan upacara bendera, terutama di lingkungan dan kantor-kantor pemerintahan baik di Pusat maupun di daerah di seluruh Indonesia. Namun pada tahun 2018 ini untuk pertama kalinya sejak dicanangkan 73 tahun silang, penyebutannya berubah menjadi Peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan kali ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai - nilai Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.




Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini juga diperingati dan dirayakan oleh segenap pegawai di lingkungan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Makassar (Balmon Makassar), Ditjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pada kesempatan tersebut, Distiawan Dwi Rumboko selaku Kepala Balmon Makassar berkesempatan menyampaikan sambutan dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.




Sambutan Presiden RI tersebut pada intinya menyampaikan bahwa kita perlu belajar dari permasalahan negara-negara lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen melakukan penguatan Pancasila. Sebab dengan Pancasila sebagai ideologi negara dan UUD 1945 konstitusi berbangsa dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa hidup rukun dan bergotong royong, serta terhindar dari permasalahan tersebut.




Dengan demikian tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu dan bekerjasama mewujudkan cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila, serta menyatukan hati pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Dan juga tidak ada pilihan lain selain kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran, serta menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang adil, makmus dan bermartabat di mata internasional.




Sebelum mengakhiri sambutannya, Kepala Balmon Makassar selaku pimpinan upara menghimbau dan meminta kiranya para pegawai di lingkungan Balmon Makassar dapat menerapkan dan mengamalkan esensi dan makna  peringatan Hari Lahir Pancasila, sebagaimana yang tertuang dalam Sambutan Presiden Republik Indonesia yang telah dibacakan tersebut.




(Sumber/Foto : Abd Salam)